Pesan Hebat dari Ajang Srikandi Blogger 2013

mieagoblog
8

https://mieagoblog.blogspot.com/2013/05/pesan-hebat-dari-ajang-srikandi-blogger_2266.html


Pernah mendengar nama Srikandi? Ya, Srikandi merupakan sosok wanita yang memiliki peran penting dalam epos wayang Mahabarata dan satu-satunya perempuan yang berhasil menyelesaikan tugas besar yang tidak mampu dituntaskan oleh pihak laki-laki yaitu membunuh Resi Bisma.Srikandi adalah sosok figur perempuan idaman dengan karakternya yang dikagumi dan dipuja. Sosoknya mengesankan bahwa perempuan mampu menjadi apapun, melampaui batas-batas yang selama ini menjadi sekat akan kreativitasnya. Hal penting lainnya adalah bagaimana semangat militansi perjuangan yang dimilikinya mampu memberi inspirasi bagi perempuan-perempuan Indonesia masa kini.


Jika para Srikandi jaman penjajahan, sebut saja Cut Nyak Dhien berjuang dengan senjatanya di medan perang juga R.A Kartini yang dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Lalu apa bentuk perjuangan kaum hawa masa kini? Banyak perjuangan perempuan di jaman emansipasi ini yang semangatnya diilhami oleh Srikandi, salah satunya ialah dengan menulis. Menulis merupakan muara isi otak yang tertuang dalam berbagai media seperti kertas maupun media digital. Dengan menulis manusia dapat menyuarakan berbagai kampanye positif kepada banyak khalayak. Kegiatan menulis juga banyak dilakoni oleh para kaum hawa dan yang paling banyak dilakukan diantaranya adalah menuangkan curahan hati maupun kegiatan harian dalam sebuah diary. Perkembangan teknologi dari jaman ke jaman semakin modern nan canggih hingga diary pun kini dapat berbentuk digital. Kebanyakan perempuan tak lagi menuangkan uneg-unegnya dalam sebuah buku diary melainkan beralih ke media komputer. Banyak dari mereka yang kemudian menyebarkan karya-karya mereka mulai dari artikel sosial hingga resep masakan melalui media yang disebut blog dengan dukungan internet dan hosting gratis layaknya blogspot (ada juga yang berbayar).
Selain curahan hari, blog juga banyak digunakan untuk media pembelajaran hingga menghasilkan pundi-pundi rupiah para pemakainya yang biasa disebut blogger. Aktivitas blogging sendiri merupakan bagian dari aktualisasi perempuan di era digital ini. Nah, para perempuan yang berjuang melalui media blog inilah yang disebut Srikandi Blogger. Berbagai macam komunitas blogger pun didirikan, salah satunya Kumpulan Emak Blogger (KEB). KEB sendiri merupakan komuniitas unik menurut saya karena selain lintas platform juga semua anggotanya terdiri dari para blogger perempuan dari berbagai usia dan daerah. Meski tersemat kata “emak” namun pada kenyataannya tidak semua anggota telah berstatus emak, salah satunya adalah saya sendiri yang baru bergabung beberapa waktu lalu J.
Pada ulang tahunnya yang pertama Kumpulan Emak Blogger (KEB) mengangkat tema “Aktualitas Perempuan di Era Digital” dan akan memberikan apresiasi kepada para blogger Perempuan Indonesia dalam ajang pemilihan Srikandi Blogger  2013 yang akan memilih blogger perempuan yang bisa menyampaikan dan mengaktualisasikan kegiatan atau aktivitasnya secara online maupun offline.
Seperti dilansir dari website resmi KEB, berikut adalah syarat pendaftaranya :
  1. Perempuan.
  1. Umur min. 20 tahun.
  1.  Blogger (mempunyai blog aktif dan update min. 2 tahun).
  1. Terverifikasi di grup KEB, like fan page KEB, dan follow twitter KEB.
  1. Lomba terbuka untuk seluruh member KEB di seluruh Indonesia.
  1. Membuat resume singkat tentang diri pribadi, blog, dan kegiatannya dalam bentuk attachment.
  1. Mengirimkan pendaftaran ke e-mail panitia KEB.SB2013@gmail.com dengan subjek: Pendaftaran Srikandi Blogger 2013, dan mencantumkan link blog di badan e-mail.
  1. Pendaftaran ditunggu paling lambat tanggal 2 April 2013.

Predikat yang diperebutkan  dalam ajang ini cukup menggiurkan yaitu :
  • Srikandi Award 2013
  • Srikandi Terfavorit 2013
  • Srikandi Persahabatan 2013
Penganugerahan Srikandi Blogger 2013 memang telah usai, namun kesan dan pesan yang tergurat dalam ajang ini masih terasa gaungnya. Saya memang tidak mengikuti maupun menyaksikan acara ini secara langsung dan hanya membaca review yang ditulis makmin di website resmi KEB. Meski hanya menikmati baris kata-kata itu namun bagi saya ajang ini sungguh luar biasa maknanya. Dari beberapa makna positif yang tersembunyi dibalik ajang ini dapat saya terjemahkan sebagai berikut :
EDUKATIF
Meski pengumuman pendaftaran Srikandi Blogger 2013 telah menggema, namun ternyata banyak para emak yang meragukan kemampuan dirinya untuk mengikuti ajang ini.Tidak sedikit yang mengatakan “tidak PD” untuk ajang bergengsi ini. Namun para emak panitia tak kehilangan akal dalam mensupport para member agar membuang jauh rasa cemas yang tak penting tersebut.
Seperti halnya yang dilakukan oleh makpon Mira Sahid ini, beliau yang mengetahui situasi ketidakPeDean para emak ini langsung tancap gas  “mengedukasi” mereka dengan menerbitkan catatan kecil yang ternyata dapat mengunggah semangat para emak untuk mendaftar. Senjata yang digunakan makpon adalah tulisan mengenai “percaya diri”, beliau memaparkan apa itu “nggak PD” hingga bagaimana mengatasinya. Menurut saya pribadi tulisan beliau begitu edukatif dalam hal pengembangan rasa percaya diri, tulisan beliau begitu solutif, berikut adalah kutipan tips membangun rasa percaya diri dari beliau :
1. Hindari ucapan “ah, engga PD.” -> ingat, apa yang kita ucapkan sangat mempengaruhi kita bertindak
2. Berteman dengan orang-orang positif, dan batasi untuk hal yang negatif
3. Kuatkan tekad (kalau udah niat, lanjut kerjakan)
4. Yakin dengan kemampuan diri yang dimiliki, respek terhdap diri sendiri.
5. Rendah hati dan tetap mau belajar
Nah lo, masih ga pede juga?
Belum cukup dengan senjata makpon? Tuh si makpun Indah Juli juga mengeluarkan jurus maut dengan twit-twitnya yang luar biasa membangun mentalitas para emak. Inilah beberapa senjata nuklir dari mak Indah Juli.
Pokoknya, untuk #SrikandiBlogger ini, emak-emak dibuat senyaman mungkin, nggak berat syaratnya, nggak pakai bayaran daftarnya #eh 
“Jadi, nggak ada lagi, kata2 nggak pede, belum cukup umur, belum ada prestasi, belum bisa ini itu. Yg penting semangat #SrikandiBlogger 
“Ditunggu pendaftarannya, Mak. Kalau malu daftar sendiri, minta didaftar sm teman blogger atau komunitas blogger yg diikuti #SrikandiBlogger
Well, ternyata mantra-mantra makpon dan makpun cukup ampuh untuk mendobrak minat para emak. Terbukti dengan banyaknya emak yang daftar yang selanjutnya “menyibukkan” para juri untuk memilih 50 kandidat terbaik, bisa dilihat disini ya siapa yang lolos 50 besar J.
Kemudian dari 50 kandidat emak-emak hebat ini disaring lagi menjadi 10 terbaik yang dinilai berdasarkan resume opini tentang Srikandi Blogger 2013 yang postingannya dapat disimak di blog mereka masing-masing. Resume yang mereka buat keren-keren loh, makanya mereka pantas masuk nominasi 10 besar. Visi dan misi mereka seandainya terpilih menjadi Srikandi Blogger 2013 itu loh yang mengagumkan, secara garis besar tujuan mereka sama yaitu mengedukasi, menginspirasi dan berbagi dengan para perempuan tanah air khususnya para blogger member KEB. Klik disini ya untuk melihat 10 besar nominasi Srikandi Blogger 2013 beserta resume opini mereka.
INSPIRATIF
KEB itu BEB! Kumpulan Emak Blogger itu menurut saya adalah perkumpulan yang membernya Bukan Emak Biasa. Selain saling menularkan bakat menulis, memperbesar komunitas juga berbagi banyak inspirasi mengenai banyak hal mulai dari kuliner, parenting, lingkungan, cerpen dan masih banyak lagi lainnya. Semangat berbaginya kian hari kian melangit nan pantang surut bak semangat yang dimiliki dan berusaha digapai oleh para kandidat dalam 10 besar kali ini. Simaklah betapa luar biasanya mereka!
Mak Anazkia, beliau ini sangat gemar berbagi terutama berbagi buku. Beliau dan para blogger lainnya pernah menghibahkan buku ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Selain itu beliau juga memiliki cita-cita mulia lainnya seperti mendirikan KEBpublishing yang tujuannya agar para emak dapat menerbitkan bukunya, WOW.
Finalis selanjutnya, mak Dina Begum ini memiliki seabreg rutinitas harian yang dijalaninya. Misinya sih simple banget “walk the talk”, namun belum tentu loh semua orang dapat melakukannya. Baginya menulis adalah melestarikan peradaban dan karenanya “jangan berhenti menulis” begitu kata mak Dina Begum. Beliau juga menginspirasi readersnya bahwa perpenghasilan dari rumah itu tidak mustahil seperti yang dilakukannya. Selain itu menurutnya orangtua harus melek dunia maya, tahu tatakrama menulis dan bergaul di internet agar bias membimbing anak-anak supaya cerdas berinternet.
Kandidat yang tak kalah keren adalah mak Shinta Ries, baginya “sharing is caring”. Emak yang satu ini gaul banget dan pinter web design loh. Eits, tapi beliau tidak pelit dan membagi-bagikan ilmunya itu secara GRATIS karena beliau ingin agar para emak blogger tidak gaptek sehingga tampilan blog para emak cantik seperti yang punya J.
AYO MENULIS! Begitu kata mak Myra Anastasia, menurut beliau semua perempuan bisa kok menulis, asalkan punya keyakinan dan mau melakukannya. Mak yang ini produktif banget dan memiliki banyak blog, salah satunya berisi cerita tentang anak-anak dan parenting. Baginya menulis itu seperti pisau semakin rajin diasah akan semakin tajam dan jika tak dipakai ya tak akan berfungsi. Maka dari itu beliau mengkampanyekan AYO MENULIS!
Berikutnya ada mak Diadjeng Laraswati. Beliau ini hobi fotografi, travelling dan tentunya menulis donk. Beliau memiliki kepedulian kepada sesama lewat tulisan yang ia posting di blog mengenai kesehatan, keluarga, travelling yang ia lakukan dan lain-lain. Mak Laraswati juga  ingin terus berbagi & mengedukasi perempuan untuk berbagi melalui tulisan atau menulis catatan. Edukasi tulis menulis yang beliau lakukan telah terbukti dengan terbitnya buku pertama sang buah hati, good jobs.
Emak inspiratif selanjutnya adalah mak Octaviani Nur Hasanah. Selain ngeblog, beliau ini pernah magang menjadi penulis scenario FTV loh. Emak ini menekankan 1 hal penting ketika menulis yaitu “positivity”. Menurut beliau apa yang kita tulis itu mempengaruhi orang lain, jadi sebaiknya kita menulis yang baik, positif  dan penuh semangat.  Beliau juga mengkampanyekan berantas kebiasaan mengeluh di blog & sosial media, lebih bersyukur dan ceria menikmati hidup J.
Jika mak Anazkia ingin mendirikan publishing untuk membantu para emak menerbitkan buku, maka emak ini malah sudah memilikinya. Layaknya mak Myra Anastasia yang berkata bermodal MAU maka kita BISA, menulis itu seperti pisau makin sering diasah semakin tajam, emak ini juga berkata demikian. Bagi emak ini menulis adalah terapi jiwa. Siapakah emak ini? Beliau adalah mak Alaika Abdullah :D .
Wuih, finalis Srikandi Blogger 2013 ada yang sudah menerbitkan buku loh dan & ada yang sudah cetak segera launching dalam waktu dekat. Dia adalah mak Winda Krisnadefa, keren ya J. Beliau Ingin sekali bisa punya akses, SDM dan dana untuk mengadakan pelatihan menulis fiksi untuk anak-anak usia sekolah. Sungguh cita-cita yang mulia, semoga terkabul ya mak, amin.
Bagi mak Nchie Hanie ngeblog adalah sampah emosionalnya, terapi jiwa sekaligus bisa menyeimbangkan jiwanya dalam kehidupan sehari hari. Beliau hanya ingin jadi diri sendiri, mandiri tanpa ketergantungan pada orang lain. Persahabatan bagi mak Nchie Hanie adalah saling menghargai satu sama lain “TAK PERLU” menuntut imbalan.
Cita-cita mulia lainnya juga dimiliki oleh mak Eka Putri. Melalui media blog beliau ingin mengkampanyekan “stop kekerasan pada anak”. Menulis di blog tentang buah hati juga juga dapat meredam marahnya dan lebih sabar. Dengan blog, beliau ingin anak-anak korban kekerasan tahu mereka harus minta bantuan, karena mereka masih punya masa depan. Dengan menulis di blog keadaan mak Eka Putri juga membaik dari depresinya dan harapan terakhirnya mengikuti Srikandi Blogger 2013 ini hanyalah ingin bisa lebih banyak berkontribusi untuk orang lain walaupun beliau hanya di rumah. Selain tiu beliau ini merupakan salah satu mentor dalam kelas online blogging yang diselenggarakan oleh KEB. Semoga harapannya terkabul ya mak, amin.
Wah, mereka benar-benar menginspirasi kita semua  ya ^_^. Apa yang mereka lakukan, tuliskan dan harapkan merupakan salah satu bentuk aktualisasi perempuan di era digital ini. Tentunya kita semua para blogger perempuan selain para finalis juga memiliki visi dan misi positif dalam dunia tulis menulis. Mari kita ikuti semangat mereka! J
Sebagai tambahan, mereka juga menginspirasi kita semua akan pentingnya persahabatan dan persaudaraan. Dapat kita simak comment-comment yang tertulis di bawah profil mereka masing-masing yang memperlihatkan bahwa ajang ini bukan sebuah kompetisi semata bagi mereka. Mereka saling mendukung satu sama lain tanpa merasa tersaingi. Persahabatan lebih penting bagi mereka juga bagi kita semua, mari kibarkan bendera KEB bersama-sama!


AJANG SILATURRAHIM
para emak KEB
Nyontek tulisan makmin dulu ah“Tanpa para emak, KEB tidak akan solid, sebagaimana yang dituliskan pakar marketing sekaligus CEO dan Founder MarkPlus, Inc., Hermawan Kartajaya dalam buku terbarunya Superhero Juga Manusia: suatu komunitas bertambah solid jika bisa memadukan aktivitas online dan offline. Sebuah komunitas online akan rapuh tanpa ada kopdar (kopi darat; pertemuan) yang teratur. Pertemuan-pertemuan offline itulah yang membuat hubungan antarmanusia di dalam komunitas semakin kuat. Komunikasi online akan makin mempererat lagi.”
Jadi menurut saya ajang Srikandi Blogger 2013 ini pas sekali menjadi sebuah implemntasi atas kutipan di atas. Selain berupa acara puncak penganugerahan acara ini juga sebagai ajang silaturrahim para member dan memperkuat tali persaudaraan sesamanya.
Penganugerahan Srikandi Blogger 2013 yang diselenggarakan tanggal 28 April 2013 di Gedung F Kemendiknas, Jl Sudirman, Jakarta memberi kesan mendalam bagi semua hadirin saat itu.  Bahkan uraian airmata tak mampu mereka bendung atas rasa haru karena mereka bisa berada dalam satu ruangan, saling mendukung kepercayaan diri dan misi. Selain penuh semangat mereka juga sangat cantik dan menawan (lihat dari fotonya sih J ).
Saya dan para member KEB lainnya pasti juga berkeinginan sama yaitu melakukan kopdar dan melaksanakan aktivitas yang bermanfaat bagi grup maupun masyarakat.
FINALLY
Srikandi Blogger 2013 Award
Selanjutnya acara puncak yang ditunggu-tunggu pun tiba, pemegang predikat Srikandi Blogger 2013 ternyata dipegang oleh mak Alaika Abdullah. Beliau mendapatkan hadiah berupa 1 unit Acer Aspire V5-471PG (touchscreen notebook), paket Rinso (2 dus) dan Paket Wardah, serta mewakili KEB di Asean Blogger di Solo. Wow, hadiahnya amazing sekali ya, bikin ngiler aja  ^_^. Saya juga pakai laptop Acer sih tapi yang Aspire One 725 hehe (lha kok malah narsis).
Selanjutnya pemegang gelar Srikandi Favorit 2013 diraih oleh mak Anazkia dan beliau berhak membawa pulang 1 unit Acer Aspire E1-471. paket rinso (2 dus) dan wardah. Sementara itu predikat Srikandi Persahabatan 2013 didapat oleh mak Myra Anastasia, beliau berhak atas hadiah 1 unit Acer Aspire E1-471. paket rinso (2 dus) dan wardah. Wah, mak Haya Alia Zaki ternyata mendapat predikat Blogger Inspiratif loh, beliau pun membawa pulang TV, paket rinso dan wardah. Predikat tambahan lain diperoleh mak Yati Rachmat, Blogger dengan Lifetime Achievement dan membopong TV, paket rinso dan wardah kerumahnya.
Selain para peraih predikat di atas, masih ada banyak lainnya yang mendapat hadiah menarik. Ketujuh finalis  mendapatkan TV Samsung, Paket Rinso dan paket Wardah. Lomba livetweet dimenangkan oleh Ria Citinjaks, Herdis Suryatna dan Caroline Adenan yang memenangkan kulkas, Acer Iconia B1 dan blender Electrolux. Best dress dimenangkan oleh Echa dengan membawa pulang sebuah kulkas. Peserta paling jauh diberikan pada mak Anazkia yang datang dari Kuala Lumpur, mendapatkan blender Electrolux. Acara juga bertabur hadiah games dan doorprize berupa paket Wardah, Paket dus Rinso (5),  voucher Samikuring ( 3pcs x Rp 100.000), voucher Carrefour (7pcs x Rp  200.000).
Well, selamat ya untuk para pemenang, semoga hadiahnya barokah dan semakin semangat dalam menulis dan berbagi. Semoga ajang ini adalah gerbang awal bagi KEB dalam menuju kesuksesan yang lebih besar, amin.
Saya juga salut untuk para emak panitia yang telah berusaha menyukseskan acara ini, karena pada dasarnya mereka juga berhak mengikuti dan menyabet gelar Srikandi Blogger 2013 ini. Dengan mengenakan selempang Srikandi Blogger 2013 atau tidak, namun dengan dedikasi kita pada per-bloggingan sebenarnya kita semua adalah Srikandi Blogger. Yaiyalah masa Arjuna Blogger, hehe….
Sukses buat kita semua J



https://mieagoblog.blogspot.com/2013/05/pesan-hebat-dari-ajang-srikandi-blogger_2266.html



Post a Comment

8 Comments
  1. wuaw! komplit deh liputannya ini. :)

    salam hangat dari bandung, mak mi. ^_^

    ReplyDelete
  2. review by catetan makmin aja mak, makasi ya mak dah mampir :)

    ReplyDelete
  3. Wow.. Lengkap dan dasyat mak.. Jd minder nih..

    ReplyDelete
  4. aku jg ngerasa gitu mak Dina kalo liat karya emak yg laen, brarti sama aja ya ceritanya, hehe

    ReplyDelete
  5. Selamat sore. Jury visit. Semoga sukses :)

    ReplyDelete
  6. Selamat malem makjur.Amin :)

    ReplyDelete
  7. Wiii emang ini mantap banget :D Semoga KEB bisa lebih berkembang dan menjadikan emak emak berpenghasilan walaupun dirumah :D

    ReplyDelete
Post a Comment
To Top