Ads

Ads
Sprei Handmade Jogja

Thursday, 22 May 2014

Miea Best Handmade

Posted by lamiati Saputra at 08:18 5 Comments


“Aku Cinta Produk Indonesia”, “Cintai Produk Dalam Negeri”, “Cinta Produk Indonesia”, dan masih banyak lagi slogan-slogan senada yang dikampanyekan baik oleh pemerintah, komunitas hingga masyarakat Indonesia secara pribadi. Slogan seperti demikian dibuat tentu bukan tanpa maksud melainkan untuk menanamkan, memupuk dan memperkuat jiwa nasionalisme rakyat Indonesia. Di era pasar bebas seperti saat ini bukan hal yang sulit bagi kita untuk membeli, menggunakan atau mengoleksi produk-produk luar negeri yang membanjiri pasar tanah air. Di tengah serbuan produk-produk asing tersebut tidak seharusnya melunturkan rasa nasionalisme kita sebagai rakyat Indonesia. Sudah sepatutnya kita lebih bangga terhadap produk dalam negeri yang merupakan hasil kreasi anak bangsa.

Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan rasa cinta kita terhadap produk Indonesia. Kita dapat menggunakan, memasarkan bahkan memproduksi aneka produk kreatif Indonesia dengan memanfaatkan sumber daya alam nusantara yang begitu melimpah. Memang tidak selalu mudah untuk memulai sebuah usaha di bidang kreatif. Namun selama kita memiliki niat yang mantap, kemauan, kemampuan serta ketekunan setidaknya kita telah memiliki modal awal untuk mewujudkan keinginan menjadi pengusaha yang berkonsep cinta tanah air.

Seperti halnya yang saya lalukan baru-baru ini dengan berjualan produk handmade perlengkapan kamar tidur. Saya memang pemain pemula dalam bidang ini tetapi saya memberanikan diri terjun ke dalam pasar bersegmen ini karena saya mempunyai keyakinan yang kuat, terus berusaha dan selalu berdoa untuk keberhasilan saya di masa mendatang. Amin.

Saya memang menyukai perniagaan sejak duduk dibangku perkualiahan dulu dan jiwa berdagang rasanya kian merasuki diri saya. Semasa kuliah saya pernah berjualan es, keliling berjualan telur asin bakar hingga memproduksi dan memasarkan nugget ikan secara door to door sambil menenteng sterefoam di tangan. Selepas kuliah saya bekerja di salah satu perusahaan pakan udang besar di Indonesia, saya ditempatkan di salah satu satu farm customer sebagai laborat di tambak udang vannamei dan lokasinya cukup terisolir. Dengan kondisi yang demikian saya pun memanfaatkan dengan berjualan pulsa elektronik kepada karyawan tambak tersebut dan berlangsung hingga kini. Saya juga pernah berjualan aneka tas dan dompet murah namun tidak berjalan lancar bahkan saya mengalami kerugian cukup besar akibat penipuan yang dilakukan oleh seorang oknum pembuat tas. Saya telah banyak mengalami kegagalan dan terus terang hal tersebut sempat membuat saya down namun saya berusaha untuk bangkit dari keterpurukan dengan mencoba hal-hal baru seperti yang saya lakukan sekarang ini. Adapun beberapa produk yang saya tawarkan ke pasar seperti berikut ini!

Sprei dan Bed Cover Handmade (Made by Order)
mieagoblog.blogspot.com
Contoh produk sprei & bed cover yang sudah jadi dan siap kirim

Memilih perlengkapan kamar tidur seperti sprei dan bed cover yang berkualitas memang menjadi bagian penting karena dapat mempengaruhi kenyamanan seseorang dalam menikmati malam panjang nan berkualitas. Mungkin aneka produk dan merk sprei ternama telah menjamur di pasaran, lalu apa alasan saya memilih menjual produk serupa tetapi handmade?

-          Bahan Berkualitas
Tidak dapat dipungkiri bahwa kualitas kini menjadi pertimbangan utama seseorang dalam menentukan produk yang akan dibeli termasuk sprei dan bed cover. Dalam memproduksi produk sprei dan bed cover ini kami menggunakan tiga jenis bahan yang berbeda yaitu, Cotton Viscose disebut juga katun lokal/katun Korea, Satin Jepang dan Sutra Organik. Untuk katun lokal tentu kami menggunakan kain dengan kualitas terbaik di kelasnya, itulah mengapa kami berani bersaing dengan merk kenamaan. Bahan yang kami gunakan sangat halus, lembut, tidak berpasir, tidak berudul, adem, nyaman digunakan dan sesuai dengan iklim Indonesia yang tropis. Jenis kain untuk produk sprei memang beragam sehingga pelanggan juga perlu mengetahui bahan macam apa yang akan ia dapat untuk selembar sprei. Untuk kelas low end biasanya sprei yang beredar dipasaran menggunakan full polyester atau campuran antara polyester dan rayon, bahan ini cenderung kasar dan agak panas saat digunakan. Sedangkan sprei kenamaan dalam negeri kebanyakan sudah menggunakan Cotton Viscose (CVC) dengan perbandingan 65% katun dan 35% polyester. Untuk CVC sendiri perbandingan keduanya memang sangat beragam jadi anda dapat menanyakannya kepada penjual sprei akan kualitas sprei yang dibeli. Nah, untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik kami menggunakan full cotton atau 90% katun & 10 % polyester. Dengan kualitas yang lebih baik tentu pelanggan juga akan suka rela mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk mendapat banyak kelebihan. Segmen ini menyasar kepada para konsumen yang lebih mementingkan kualitas dari pada sekedar label.

-          Ukuran dan Motif Sesuai Pesanan
Apa sih keuntungan made by order? Kami memang menerapkan sistem made by order dalam melayani konsumen sprei dan beed cover handmade ini. Made by order memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginannya yaitu ukuran dan motif pilihan pelanggan sendiri. Kami menyediakan ratusan motif sprei mulai dari motif anak-anak, remaja, dewasa hingga aneka motif bola. Kami juga rajin mengupdate motif terbaru agar pilihan pelanggan semakin beragam. Pelanggan juga dapat memesan motif kombinasi (misal ada dua bantal yang satu motif seperti sprei dan satunya lagi motif doty), tentu hal ini tidak dapat dilakukan jika membeli sprei di pasar.
mieagoblog.blogspot.com
Contoh motif anak


mieagoblog.blogspot.com
Contoh motif dewasa

-        -          Fleksibel & Suka-suka
mieagoblog.blogspot.com
Contoh motif kombinasi pesanan konsumen

Sprei dan bed cover handmade ini dapat dipesan secara fleksibel dan sesuai kebutuhan pelanggan. Selain dapat memilih ukuran dan motif yang diinginkan, pelanggan juga dapat menambah jumlah sarung bantal misalnya atau bantal cinta. Pelanggan juga dapat menambah tinggi sprei atau menambahkan rumbai pada sprei yang diidamkan. Sangat fleksibel bukan?
-           
Diversifikasi Produk
Selain sprei dan bed cover kini juga telah tersedia produk lain dengan bahan kain sprei. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi permintaan pasar yang kian beragam terhadap handmade berkualitas berbahan katun super ini. Beberapa produk diversifikasi kain sprei ini diantaranya yaitu baby bed set, mukena anak, bantal lantai, tutup tv, bantal cinta, korden, set ruang tamu hingga set ruang makan. Untuk baby bed set terdiri dari kasur bayi, 1 buah bantal, dua buah guling dan dapat disertai selimut. Sedang untuk set ruang makan terdiri dari taplak meja, sarung galon, sarung Magic com, tutup tudung saji dan sarung tempat tisu. Adapun set ruang tamu terdiri atas taplak meja, 5 sarung bantal dan sarung tempat tisu. Sebagai salah satu usaha produk kreatif, diversifikasi produk akan terus dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan mengikuti trend dan kondisi terkini.
mieagoblog.blogspot.com
Contoh baby bed set

mieaghoblog.blogspot.com
Contoh korden handmade
mieagoblog.blogspot.com
Contoh set ruang tamu
mieagoblog.blogspot.com
Contoh set meja makan

Kiat Promosi
Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa saya adalah pemula dalam bisnis handmade ini. Untuk saat ini promosi yang saya lakukan baru sebatas promo melalui BBM dan mulut ke mulut. Untuk memperluas pasar kini saya sedang merilis online shop yang akan segera launching beberapa waktu ke depan. Berbagai alternative marketing juga telah dipersiapkan untuk menunjang keberhasilan usaha.
mieagoblog.blogspot.com


mieagoblog.blogspot.com
Contoh : Promosi yang berlangsung saat ini

Selain itu saya juga melakukan berbagai upaya untuk mendongkrak penjualan melalui promo-promo spesial. Misalnya saja pada awal bulan Mei lalu saya mengadakan promo free ongkir untuk kawasan Situbondo dan sekarang juga sedang berlangsung promo diskon untuk pembelian bed set (sprei+bed cover). Kegiatan promo menarik tentu tidak berhenti sampai disini dan kami akan terus berinovasi dengan deal-deal menarik lainnya untuk mengatrol jumlah konsumen.

mieagoblog.blogspot.com pojokhandmade.com
Hal lain yang ingin saya lakukan adalah mengikuti pameran produk-produk UKM atau karya kreatif anak bangsa lainnya agar produk handmade kami semakin dikenal khalayak. Menurut saya pameran produk asli dalam negeri seperti pameran produk Indonesia yang akan diselenggarakan di Bandung, Harris Convention Festival CTLink, 22-25 Mei mendatang ini merupakan ajang yang patut diapresiasi karena dapat meningkatkan image positif produk dalam negeri dan meningkatkan ekonomi daerah juga pelaku usaha.

Dengan tetap mempertahan kualitas seiring meningkatnya kuantitas semoga apa yang saya usahakan dan pelaku usaha lainnya lakukan dapat tumbuh berkembang pesat. Dengan kian banyaknya pengusaha-pengusaha baru yang bermunculan diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran karena tercipta banyak lapangan kerja baru. Hal ini juga merupakan salah satu upaya mengentaskan rakyat Indonesia dari jurang kemiskinan, ingat bahwa miskin bukanlah turunan!!! So, mari berwirausaha & sukses buat kita semua. Amin. Cintailah produk Indonesia seperti mencintai diri sendiri ^_^.

Bagi yang berminat dengan produk sprei handmade dan produk diversifikasinya monggo menghubungi saya di :
PIN BB : 74CF012D
HP/Whatsapp : 083835701113
Email : lamiatisaputra@yahoo.com     
Happy shopping n matur suwun 


Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

5 comments:

  1. Ayo Belanja di Pojokhandmade.com, Produksi sprei handmade, mukena handmade, bedcover handmade, set ruang tamu handmade, set dapur handmade, baby stuff, alas stroler, baby bed, dan masih banyak lagi diversivikasi dari kain sprei. Pm ya... banyak dikson lhoo

    ReplyDelete
  2. Lumayan ni, produk hand made ya ini?

    ReplyDelete
  3. koleksinya bagus2 :) salam banjir order

    ReplyDelete

Recent Articles

Blogroll

Recent News

Tank's for Visited
back to top