Mengobati Kista Secara Alami (Kisah Nyata)

mieagoblog
35

kista, penyakit kista, jenis kista, obat alami kista
Mendengar kata kista tentu sudah tak asing lagi ditelinga kita terutama bagi kaum hawa yang mana penyakit ini telah banyak diidap oleh sebagian wanita Indonesia. Organ-organ intim yang sering terjangkiti oleh penyakit ini diantaranya indung telur, uterus, payudara bahkan miss V. hmm…ngeri juga ya mendengarnya, apalagi penyakit ini sering kali dikaitkan dengan masalah kesuburan.

Para perempuan sering kali tidak menyadari kehadiran penyakit ini dalam tubuhnya dan terkadang bahkan kista menghilang sebelum si penderita mengtahuinya. Namun, tidak sedikit perempuan yang mengeluhkan rasa nyeri pada bagian perut atau perut bagian bawah. Rasa nyeri timbul akibat kista mengalami rupture/pecah akibat membesarnya kista dan peregangan jaringan di sekitarnya, pendarahan di dalam kista atau terpuntirnya kista sehingga mengganggu pembuluh darah sekitarnya. kista umumnya baru diketahui saat  pasien menjalani pemeriksaan ultrasonografi (USG), atau pemeriksaan di daerah perut bagian bawah. Pada kasus kista yang jinak, dilakukan observasi dalam beberapa bulan untuk melihat apakah kista menghilang dengan sendirinya. Jika kista tampak padat, dilakukan pemeriksaan tambahan.

Sebenarnya penyakit kista sendiri merupakan tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Kista berbentuk kistik atau anggur dan berisi udara, cairan, nanah maupun bahan lainnya. Sel-sel tumor terletak terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya sehingga tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. Itulah mengapa jenis tumor jinak relative mudah diangkat melalui pembedahan dan tentu saja tidak mebahayakan kesehatan si penderita.

Penyebab penyakit kista
Meski penyebab kista sangat bervariasi, namun penyakit ini paling sering disebabkan oleh pertumbuhan folikel pada indung telur yang berubah menjadi kista folikel. Folikel sendiri merupakan kantong berisi cairan dalam jumlah normal dan mengandung sel telur. Terbentuknya kista folikel bilamana dalam satu siklus haid folikel tumbuh menjadi lebih besar dari ukuran normalnya sehingga sel telur tidak bisa keluar dari indung telur atau tidak dapat ovulasi. Seiring berjalannya waktu, kista ini dapat berisi darah dan disebut kista hemoragik yang disebabkan adanya kebocoran dari pembuluh darah yang sangat kecil ke dalam kantong telur. Cairan kista hemoragik berupa darah haid yang terdiri dari jaringan rambut dan lemak.

Ciri atau gejala penyakit kista sangat beragam dan berikut beberapa gejala yang sering dialami oleh penderitanya :

  • -      Rasa nyeri saat menjelang dan selama masa haid
  • -      Darah haid yang keluar terlalu banyak atau malah sebaliknya
  • -      Pada kondisi lanjut benjolan dapat teraba di daerah perut
  • -      Pendarahan yang hebat dan tidak teratur
  • -      Rasa sakit pada pinggang belakang
  • -      Terkadang nyeri saat berhubungan intim
  • -      Nyeri perut bagian bawah
  • -    Sering merasa ingin buang air besar/kecil akibat jaringan kista yang membesar dan semakin menekan kantung kemih
  • -      Haid tidak teratur
  • -      Nyeri perut disertai mual dan muntah


Beberapa jenis kista berdasarkan proses terjadinya adalah sebagai berikut :

1.   Kista folikuler
Merupakan jenis kista yang paling banyak diderita kaum hawa dan terbentuk karena sel telur tidak dilepaskan pada saat ovulasi. Terkadang menimbulkan rasa nyeri namun kebanyakan tidak menimbulkan gejala dan hilang sendiri dalam beberapa bulan.

2.   Kista Korpus Luteum
Kista ini terbentuk setelah sel telur terlepas dari ovarium dan daerah ovarium penghasil sel telur berubah menjadi jaringan bernama korpus luteum yang akan menghilang apabila tidak terjadi kehamilan. Pada kasus tertentu korpus luteum berisi cairan atau darah yang menetap di dalam ovarium tanpa menimbulkan gejala.

3.   Kista Dermoid
Merupakan kista yang berisi jaringan tubuh, seperti lemak, tulang, gigi, rambut, dll. Kista ini merupakan tumor jinak yang biasanya mengenai wanita muda.

4.   Kista Cokelat atau Endometrina
Jenis kista yang terbentuk akibat adanya jaringan dalam rahim yang terdapata dalam ovarium. Hal ini mengakibatkan saat siklus menstruasi ia akan luruh dan mengeluarkan darah namun terjebak di dalam ovarium sehingga menyebabkan nyeri dan gangguan kesuburan pada wanita.

5.   Cystadenoma
Merupakan jenis kista yang berkembang dari jaringan ovarium berisi cairan berlendir. Cystadenoma dapat membesar dengan diameter mencapai >12 inchi.

Sedangkan berdasarkan tingkat keganasannya, kista terbagi dua yaitu :

1.   Kista non-neoplastik yang sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan.

2.   Kista neoplastik yang umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya.

Selain pada ovarium, kista juga dapat tumbuh di vagina dan di daerah vulva (bagian luar alat kelamin perempuan). Kista yang tumbuh di daerah vagina, antara lain inklusi, duktus gartner, endometriosis, dan adenosis. Sedangkan kista yang tumbuh di daerah vulva, antara lain pada kelenjar bartholini, kelenjar sebasea serta inklusi epidermal.

Jenis pengobatan (Kisah Nyata)
Setelah membahas jenis-jenis kista, selanjutnya kita berbicara tentang pengobatannya. Jenis pengobatan untuk penyakit ini sangat beragam mulai dari yang alami, pengobatan alternative pijat hingga pertolongan melalui operasi/bedah. Sesuai dengan judul tulisan saya di atas, pada ulasan kali ini saya akan membahas tentang pengobatan kista secara alami. Nah, tulisan saya ini terinspirasi dari sahabat saya yang menderita penyakit kista cokelat (Endometriosis) dan berhasil mengatasinya dengan resep alami.

Me and Mrs. Riris (right)

Saat ini saya sedang bekerja di kota santri Situbondo dan perkenalkan rekan kerja saya namanya Riris beliau asli Bondowoso. Singkat cerita beberapa tahun yang lalu setelah mbak Riris mengalami pendarahan selama satu bulan pergilah ia memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam dan didiagnosa menderita penyakit kista. Saat itu dokter menyatakan bahwa mbak Riris harus melakukan operasi atau menjalani pengobatan rutin alias obat jalan. Saat itu kondisi keuangan beliau tidak memungkinkan dilakukannya operasi sehingga beliau memilih rawat jalan. Namun hal tersebut juga tidak berlangsung lama karena kondisi ekonomi yang cupet.

Bertahun-tahun tidak memeriksakan diri ke dokter beliau mendapat info ada pengobatan tanpa operasi. Saat mendatangi tempat yang dimaksud alangkah kagetnya mbak Riris saat diberitahu diameter kistanya membesar beberapa kali lipat dari ukuran semula (maaf tidak saya sebutkan untuk menjaga privasi). Sayangnya pengobatan yang dimaksud mengharuskan mbak Riris bertandang kesana beberapa kali dan menebus resep yang cukup mahal. Lagi-lagi mbak Riris harus menghentikan langkahnya karena alasan rupiah. Beberapa lama waktu berlalu begitu saja tanpa ada pengobatan berikutnya.

Kemudian disaat kondisi frustasi beliau mendapat cerita dari temannya yang menderita kanker payudara dan sembuh dengan jamu hasil rebusan daun sirsak. Meski tak yakin dengan hasilnya beliau mencoba resep dari si teman tersebut. Mbak Riris meminum ramuan daun sirsak setiap hari pagi dan sore selama beberapa bulan tetapi tidak memeriksakan diri lagi kedokter karena beliau berharap segera punya tabungan untuk operasi.

Pucuk dicinta ulampun tiba, mbak Riris mendapatkan rejeki nomplok yaitu bonus dari perusahaan dan ada bantuan dari seseorang. Dengan semangat empat lima beliau mempersiapkan diri untuk melakukan operasi pengangkatan kista. Beliau sudah mengajukan cuti untuk waktu yang cukup lama, membeli keperluan operasi dan pasca operasi bahkan sudah ditentukan waktu operasinya. Subhanallah, ketika beliau diperiksa oleh dokter ternyata kistanya mengecil dan TIDAK PERLU OPERASI. Namun mbak Riris kurang percaya dengan hasil tersebut hingga akhirnya dia mendatangi dokter penyakit dalam di tiga tempat yang berbeda namun semuanya menyatakan tidak perlu dilakukan operasi bahkan salah satu dokter menyakatan kistanya sudah tidak ada. Sungguh luar biasa ya kasiat daun sirsak.

Oya, karena masalah kista tersebut mbak Riris belum dikaruniai momongan meski telah lima tahun menikah. Namun setelah dinyatakan bahwa kistanya mengecil atau sembuh kini beliau sedang melakukan promil alias program hamil. Jika dulu dia mendatangi dokter spesialis penyakit dalam kini dia mendatangi dokter kandungan hehehe. Semoga cepat berhasil ya mbak program hamilnya, amin.

daun sirsak, kista, penyakit kista, obat alami kista
Daun Sirsak


Resep mujarab yang diminum mbak Riris tersebut adalah sebagai berikut : Ambil daun sirsak sebanyak 21 lembar kemudian rebus dengan 6 gelas air. Tunggu hingga air menyusut menjadi 2 gelas. Minum ramuan ini 1 gelas di pagi hari dan 1 gelas lagi untuk sore hari.

Daun sirsak memang telah lama dikenal memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bagi anda yang ingin mencoba resep tersebut sebaiknya ditanyakan kepada yang lebih ahli terlebih dahulu karena kondisi bisa berbeda.

Saat ini dipasaran telah banyak dijual produk ekstrak daun sirsat namun tentu saja harganya tidak murah. Nah, resep di atas semoga dapat menjadi alternative pengobatan kista yang mana selain berkhasiat juga tidak menguras kantong sehingga bagi penderita yang kesulitan keuangan tidak perlu panik lagi. Amin.


Post a Comment

35 Comments
  1. ijin share ya mb Mia.. tengkiyu..

    ReplyDelete
  2. tips na bagus, dan ngebantu banget ;) thanks yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga membantu, amin...

      Delete
    2. Benar benar obat herbal alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia terutama seorang wanita

      Delete
    3. iya mbak, yang alami insyaaAllah juga minim efek samping

      Delete
    4. Mba..apakah rebusan daun sirsak itu aman bagi penderita kista yang sedang hamil muda..??

      Delete
  3. Alhamdulillah kalo bisa pada sembuh ya kak, penyakit yang satu ini memang menjadi ancaman serius bagi wanita, pengalamannya luar biasa, semoga bisa banyak membantu yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf br bls...

      Iya mbak raras semoga membantu, apa yg saya tulis merupakan kisah nyata... :)

      Delete
    2. Brapa blan mnum rebusan daun sirsaknya...klo bleh tau apkh diamter kistax dh smpai 10 cm

      Delete
    3. kurang paham sih berapa lama, soalnya engga ngitung tepatnya berapa lama. awalnya cuma coba-coba aja gak yakin sama hasilnya, Alhamdulillah atas seijin Allah SWT manjur resepnya.

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Mampir bos daytourjogja.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Saya tertarik dengan artikel yang ditayangkan pada blog ini saya tunggu artikel terbaru nya
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. siyaap mbak... lama vakum krn resign dr kerjaan dan merintis usaha baru.insyaaAllah kembali aktif tahun ini, terimakasih ya sudah berkunjung...

      Delete
  7. Saya skrng di diagnosa Dr kista coklat nya sudah 8,6cm, smoga bisa sembuh tanpa operasi kaya mba riris dengan pengobatan herba.. Terimakasih informasi nya smoga menjadi ladang ibadah mba bsa membantu bnyak org.. 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf baru balas komentarnya mbak, saya doakan Allah SWT memudahkan kesembuhan untuk mbak ya, aamiin ya Robbalalamin...

      Delete
  8. Saya penderita kista coklat 6cm,sekarang lgi mencoba pengobatan herbal daun sirsak karena dokter mengharuskan untuk operasi doakan saya semoga kistanya sembuh dan hilang serta cepat dikaruniai keturunan
    Semoga penderita kista di luar sana diberi kesembuhan dan cepat mempunyai keturunan aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga lekas sembuh ya mbak. jika memutuskan untuk pengobatan herbal harus bersedia sabar dan telaten ya mbak. semoga gusti Allah mmeudahkan kesembuhan mbak dan memudahkan mbak memiliki keturunan. aamiin ya robbalalamin

      Delete
  9. sangat bermanfaat sekalk artikelnya. saya jga didiagnosis kena kista coklat 3 cm. dan sekarang saya jga rutin minum daun sirsak + obat dari dokter. semoga cepet sembuh dan dapat punya momongan. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga lekas sembuh ya mbak dan segera memiliki momongan. minum ramuannya yg telaten ya mbak meski rasanya kurang enak hehehe

      Delete
  10. Saya baru sja di diagnosa ada kista 10cm smoga bsa membantu,klo dri dokter cm ksih vitamin ktnya jln 1satunya ya oprasi,mksiih bnyk infonya Saya akan coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila berkenan bisa di coba resepnya mbak, tp harus sabar dan rutin ya. sambil di cek secara berkala kistanya. semoga lekas sembuh ya mbak, aamiin ya robbalalamin

      Delete
  11. Termksh info nya mudah2n dengan sy memnum rebsan daun sirsak say bisa smbh seperti teman mb amin

    ReplyDelete
  12. Saya kista 1,8 kecil..
    Ini saya lgi minum daun sirsak

    ReplyDelete
  13. Inspiratif dan sangat bermanfaat nih. Oh ya izin share mba e... Jangan lewatkan 7+ Cara Melihat Story FB Tanpa Diketahui Pemiliknya Work 100%

    ReplyDelete
Post a Comment
To Top