Harga Cabai Saingi Daging Sapi

mieagoblog
7
mieagoblog.blogspot.com
Sudah beberapa pekan ini harga cabai tak kunjung turun bahkan kini menyamai harga daging sapi. Hal ini tentu membuat resah masyarakat karena cabai merupakan salah satu komoditas utama bahan pangan. Tak hanya para ibu rumah tangga yang mengeluhkan meroketnya harga si merah pedas ini tetapi juga para pedagang makanan yang mana mereka tetap memerlukan pasokan cabai dalam jumlah besar kendati harga tinggi. Sementara itu mereka tidak menaikkan harga jual makanan kepada pelanggan. Saat ini harga cabai di pasar Situbondo dan sekitarnya berkisar Rp. 80.000/kg untuk cabai rawit merah dan Rp. 30.000/kg untuk cabai rawit hijau.

Tidak hanya resah dengan mahalnya harga cabai kini masyarakat lebih kesal lagi karena banyaknya cabai oplosan yang beredar di pasaran. Beberapa pedagang mencampur cabai rawit merah dengan cabai rawit hijau namun dijual seharga cabai cawit merah. Hal ini tentu sangat disesalkan karena oknum pedagang nakal memanfaatkan kondisi yang ada dengan cara mencurangi pelanggan. Dengan demikian pedagang memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar sementara itu pelanggan sangat dirugikan dengan adanya praktek tersebut.

Masih belum dapat dipastikan sampai kapan kondisi ini akan berlangsung. Pastinya masyarakat ekonomi menengah ke bawahlah yang menjadi korban keadaan sehingga pundi-pundi rupiah mininya terus terkikis. Semoga pemerintah segera merespon dan memberi kebijakan terkait masalah ini.

Di sisi lain harga komoditi lainnya semisal tomat, telur dan daging ayam justru mengalami penurunan harga yang cukup signifikan.

*Tulisan ini berdasar pantauan penulis di lapangan (Situbondo)

Post a Comment

7 Comments
  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. datang berkunjung salam ramadhan, sebentar lg idul fitri tiba sebelumnya saya mengucapkan minal aidin walfaidin mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih atas kunjungannya. Minal Aidzin walfaidzin jg ya :-)

      Delete
  3. salam ramadhan, hari fitri tinggal beberapa hari lagi, saya ucapkan mohon maaf lahir batin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbk riri. mohon maaf lahir batin yaaaa... :)

      Delete
  4. singgah di selasa siang, salam. takutnya ga keburu jd sebelum mudik saya minta dimaafkan segala kesalahan dan kehilapannya ya, minal aidin walfaidin

    ReplyDelete
    Replies
    1. emg mudik kmn mbk?.mbk putri d klaten kan? #sotoy

      mohon maaf lahir batin ya...

      Delete
Post a Comment
To Top