Resep Cinta Donat Kentang "MP"

mieagoblog
1

https://resepjelajahdunia.blogspot.com/search?q=resep


Donat, tentu kita semua telah lama mengenal jenis panganan yang satu ini. Bentuknya yang khas yaitu bulat dengan lubang di tengahnya (ring) dan rasanya yang nikmat dengan topping yang lezat membuat mulut serasa tak bosan mengunyahnya. Donat sendiri merupakan makanan yang tidak menyasar kelas sosial tertentu alias dapat dinikmati oleh semua kalangan tanpa memandang umur dan jenis kelamin. Donat dapat dinikmati dengan secangkir kopi, teh, coklat panas yang menemani waktu santai dan dapat pula sebagai pengganjal perut ketika menunggu waktu makan datang. Panganan yang satu ini sangat mudah ditemui diberbagai tempat mulai mall yang super mewah hingga tepi-tepi jalanan.

Namun seiring berjalannya waktu, kini donat telah berevolusi mulai dari bentuk, bahan hingga topping yang bervariasi. Kini donat tidak hanya berbentuk ring saja, bermacam-macam bentuk donat dapat kita temui dipasaran. Begitu pula dengan bahan dan topping yang digunakan. Jika dulu donat selalu terbuat dari tepung terigu, kini bahan utama tersebut dapat divariasikan dengan berbagai jenis bahan seperti umbi-umbian, sayur hingga buah tergantung kreasi masing-masing pembuatnya.

Beberapa waktu yang lalu saya coba-coba membuat donat dengan bahan kentang. Ini adalah debut pertama  saya membuat kue/roti, saya pun deg-degan tidak karuan karena khawatir dengan hasilnya. Saya adalah penyuka kue begitu juga dengan calon suami saya yang gemar sekali menyantap kue/roti. Si dia sering bilang ke saya "nanti kalau kita udah merid, bunda sering-sering buatin kue buat ayah eah!" begitu pintanya pada saya. Nah, masalahnya saya ini juga cuma penikmat aja dan ga pernah bikin kue, saya pun beralasan kalau saya tidak punya alat-alat untuk membuat kue dan buat kue itu prosesnya ribet. Namun akhirnya dia tau juga bahwa sebenarnya saya tidak bisa membuat kue kemudian dia pun meminta saya untuk belajar dengan mencoba resep-resep yang mudah. Demi cinta saya pada si dia akhirnya saya pun berusaha untuk belajar, ketemulah saya dengan www.resepkita.com dan resep jelajah dunia disana banyak ditemui resep-resep oke namun prosesnya tidak ribet.

Contohnya adalah donat kentang yang satu ini, selain nikmat rasanya, cara bikinnya pun gampang termasuk untuk pemula seperti saya. Donat kentang ini saya beri nama Resep Cinta Donat Kentang "MP" karena resep ini saya buat sebagai ajang latihan membuat kue untuk si dia dan nama MP sendiri adalah singkatan nama saya dan dia. Berikut resep donat kentang yang mungkin bisa anda coba dirumah, bahannya mudah dicari dan cara pembuatannya juga gampang, so buat yang pemula sekalipun ga perlu kwatir asalkan telah mengikuti instruksi yang ada.

Bahan-Bahan :
500 
gram kentang, kupas, potong-potong
150 
gram gula pasir
kuning telur ayam
500 
gram tepung terigu protein sedang
bungkus (11 g) ragi instant
sendok makan Nestlé DANCOW Fullcream
100 
gram mentega, lelehkan

Minyak goreng
100 
gram gula donat

Cara Mengolah :

1. Kukus kentang hingga lunak. Angkat, selagi panas haluskan kentang.
2. Kocok gula dan telur hingga gula larut.
3. Masukkan kentang, ragi, tepung terigu dan susu bubuk. Aduk hingga benar-benar rata.
4. Tambahkan mentega leleh, aduk hingga benar-benar kalis.
5. Diamkan selama 45 menit hingga mengembang.
6. Kempiskan adonan, potong masing-masing seberat 40 g.
7. Bulatkan adonan, bentuk seperti cincin. Diamkan selama 15 menit.
8. Goreng dalam minyak panas sedang hingga kuning kecokelatan.
9. Angkat dan tiriskan. Taburi dengan gula donat, sajikan.


Tips:
- Ukuran atau besar donat bisa disesuaikan dengan selera.
- Saat menggoreng donat pastikan minyak cukup banyak hingga donat terendam
dan gunakan api sedang agar donat matang bagian dalamnya.
- Hiasi donat dengan okelat atau keju sesuai selera.
- Jika akan disimpan, biarkan donat dalam keadaan polos tanpa hiasan.


Informasi Nutrisi:
Kalori: 221 Kal
Protein: 3.41 gr
Lemak: 7.65 gr
Serat: 0,95 gr
Karbohidrat: 34.95 gr


Berikut beberapa proses pembuatan donat kentang yang berhasil saya abadikan :
Bahan-bahan  Donat Kentang

Adonan Donat Kentang

Adonan yang dibulatkan

Adonan dibentuk cincin
Adonan cincin mengembang

Penggorengan Donat kentang
Resep Cinta Donat Kentang "MP"

Setelah donat kentang buatan saya sudah jadi, saya letakkan di meja kantor tempat saya bekerja, saya ingin tahu bagaimana kualitas karya saya dengan melihat reaksi mereka dan saya pun cukup deg-degan mengingat mereka berasal dari daerah yang berbeda-beda, tentu saja taste dari lidah mereka juga tak sama. Syukurlah ternyata usaha saya tidak sia-sia, mereka datang silih berganti untuk menikmati donat kentang tersebut, bahkan saya memergoki pak manajer makan berkali-kali dan beliau bilang bahwa donatnya enak dan disuruh bikin lagi. Huft, lega rasanya mendengar hal tersebut dan tentu saja pendapat dari mereka membuat saya bersemangat untuk berkarya lagi. Mungkin memasak dengan perasaan penuh cinta lah yang membuat karya saya berbuah manis. Setelah mengetahui hasilnya kemudian saya sampaikan kepada calon suami saya, awalnya dia tidak percaya tetapi testimoni dari rekan-rekan kantor tak dapat ia tolak, dia pun meminta saya untuk membuatkan donat kentang umtuknya kalau nanti kita ketemu. Saya semakin bersemangat karena ternyata saya jg bisa bikin kue,hehehhe

Eits, ini bukan debut pertama dan terakhir saya loh. Banyak resep dari www.resepkita.com yang akan jadi eksperimen saya selanjutnya. Selamat mencoba resepnya yaaaaaghh…… ^_^

Post a Comment

1 Comments
Post a Comment
To Top