Satpam Pribadi di Era Modern

mieagoblog
8


Menurut teori Hierarchy of Needs yang dipopulerkan oleh Abraham Maslow, setelah kebutuhan fisiologis manusia terpenuhi maka yang mutlak terpenuhi selanjutnya adalah kebutuhan akan rasa aman. Tentu saja rasa aman berhak dimiliki oleh setiap insan tanpa memandang kasta manapun dan dimanapun berada. Kebutuhan rasa aman tidak hanya mengacu pada keamanan jiwa seseorang namun juga termasuk harta benda yang dimiliki oleh seseorang. Lalu bagaimana jika ternyata anda adalah sosok dengan mobilitas tinggi di luar hunian maupun kantor namun tetap menginginkan aset-aset anda terjaga tanpa anda harus menungguinya setiap saat?
Anda mungkin akan berpikir untuk membeli alarm anti maling, anjing penjaga rumah atau bahkan menyewa jasa satpam yang harus anda gaji jutaan rupiah setiap bulannya. Kini anda tak perlu kuatir lagi atas segala kekhawatiran anda tersebut karena kini ada sebuah produk yang dapat menjadi satpam di tempat-tempat yang anda kehendaki.
PT. Telkom sebagai perusahaan informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia telah mempersembahkan Speedy Monitoring sebagai satpam pribadi untuk anda. Speedy Monitoring sendiri merupakan Layanan yang menawarkan jasa Full web-based surveillance dimana pengguna dapat melakukan akses live dan recorded video menggunakan web browser yang terhubung ke internet. Anda dapat melakukan monitoring online kondisi rumah maupun tempat bisnis anda cukup dengan mobile phone yang support Android, Iphone, Blackberry dan Windows Phone.
Dengan CCTV Online Speedy Monitoring anda dapat menangkap, merekam dan memonitor area yang anda kehendaki dengan menggunakan IP Camera yang terhubung ke jaringan Speedy. Hebatnya lagi, anda tidak perlu menyediakan tempat penyimpanan data maupun penyediaan server karena system penyimpanan ditangani secara terpusat dan anda hanya perlu menyediakan kameranya saja.

Apa yang bisa Speedy Monitoring lakukan?
Seperti yang saya katakan di atas bahwa Speedy Monitoring dapat menggantikan fungsi satpam di rumah maupun tempat lain yang anda kehendaki. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh Speedy Monitoring untuk anda antara lain adalah sebagai berikut :
Deteksi tamu tak diundang
Dengan Speedy Monitoring, tamu tak diundang atau si maling dapat anda deteksi. Dengan fitur motion detectnya akan terdeteksi apabila ada orang yang tidak diijinkan memasuki rumah anda sehingga keamanan terjaga.
Mengawasi buah hati anda
Anda telah memiliki momongan? Tentu anda ingin selalu menikmati kebersamaan dengan buah hati anda. Namun bagaimana jika ternyata anda harus disibukkan oleh serangkaian aktivitas di luar rumah? Nah, dengan Speedy Monitoring anda dapat merekam kegiatan malaikat kecil anda sepanjang hari dan anda pun semakin tak terpisahkan darinya.
Penjaga rumah ketika anda liburan
Liburan adalah “waktunya lupa waktu” bagi anda, untuk menyegarkan kembali tubuh maupun pikiran anda setelah melakoni hari-hari penuh kerja keras. Namun liburan dengan Perasaan was-was karena takut kondisi rumah tak aman tentu sangat tidak menyenangkan. Speedy Monitoring dapat menjadi penjaga rumah ketika anda bepegian dan monitoring rumah dapat anda lakukan kapan saja.
Pengawas tempat bisnis anda
Ingin selalu mengawasi tempat bisnis kendati anda tak berada di tempat? Padahal banyak dokumen berharga yang anda simpan. Serahkan tugas sebagai pengawas tersebut kepada Speedy Monitoring dan anda pun dapat bepergian dengan tenang.
Mengecek kondisi Keluarga
Jika rumah anda berbeda kota dengan Keluarga besar anda terutama orang tua namun ingin selalu mengetahui kabar mereka apakah dalam kondisi baik-baik saja maka anda dapat mengandalkan Speedy Monitoring untuk mengetahui kegiatan dan kondisi terbaru mereka. Anda tinggal memasang IP Camera di tempat-tempat strategis yang sering mereka tempati. Mudah bukan?
Selain beberapa fungsi tersebut diatas, Speedy Monitoring masih memiliki banyak fungsi lainnya misalnya untuk mengawasi binatang peliharaan anda ketika anda tinggal bepergian. Speedy Monitoring dapat anda andalkan dalam hal awas-mengawasi dan tentu saja biaya yang anda keluarkan tak sebanyak jika anda harus menyewa seorang satpam. 

Apa saja fitur Speedy Monitoring?
Dilansir dari http://monitoring.telkomspeedy.com beberapa fitur yang dimiliki Speedy Monitoring antara lain :
▪ Alokasi IP Statis
Agar dapat menikmati layanan IP Camera, yang anda perlukan adalah alokasi IP Statis. Nah, dengan berlangganan Speedy Monitoring maka anda secara otomatis mendapatkan alokasi IP Statis dari Speedy kecuali untuk paket basic.
Live View
Anda dapat melakukan monitoring secara langsung (live) terhadap lokasi yang dipasangi IP Camera dengan layanan ini.
Offsite Storage
Dengan layanan ini anda tidak perlu menyiapkan media penyimpanan atau instalasi server karena Speedy Monitoring menyediakan penyimpanan secara terpusat. Anda dapat mengakses hasil rekaman kapan dan dimana saja tanpa harus mengecek ke rumah.
Web-based Interface
Dengan antarmuka berbasis web memungkinkan anda untuk menikmati layanan Speedy Monitoring cukup dengan menggunakan web browser.
Auto Record
Anda dapat merekam video dari IP Camera baik secara regular maupun otomatis dengan adanya fitur ini. Schedule untuk IP Camera pun dapat anda atur dan secara otomatis dapat merekam video setiap 5 menit atau secara regular pada waktu yang anda tentukan.
Berfungsi untuk berbagai IP Camera
Layanan Speedy Monitoring dapat berfungsi dengan berbagai macam IP Camera, akan tetapi yang direkomendasikan adalah beberapa merk seperti Panasonic, TP Link, A-Linking dan D-Link.
Motion Detect
Dengan layanan ini anda dapat mendeteksi tamu tak diundang maupun buah hati anda ketika kembali dari sekolah.
Dapat diakses melalui mobile phone
Hasil rekaman dari IP Camera anda dapat diakses melalui mobile phone seperti Iphone, Blackberry, Windows Phone dan monile phone yang support android.
Download recorded video
Rekaman dari IP Camera dapat anda simpan di komputer lokal dengan mendownload hasil video dari Archive.
Email Alert
Ketika penyimpanan video anda telah mencapai kuota tertentu maka anda akan mendapatkan email alert dan anda dapat menghapus rekaman yang telah lalu maupun yang sudah anda lihat agar penyimpanan tidak full.
Paket Basic Gratis
Dengan berlangganan paket Basic maka anda tidak perlu membayar. Dengan paket ini anda sudah bisa menikmati live view dari hasil monitoring. Namun jika anda berpindah ke paket yang lain maka anda dapat menikmati fitur yang lebih lengkap. Untuk memudahkan anda memanfaatkan layanan Speedy Monitoring, juga tersedia berbagai demo, petunjuk cara kerja dan online support. Anda dapat mengakses halaman FAQ untuk melihat penjelasan dari berbagai pertanyaan yang umum ditanyakan pelanggan Speedy Monitoring.
Camera dapat dibagi (share)
Anda dapat berbagi kamera dengan kerabat maupun rekan sekantor anda. Anda juga dapat menentukan fitur apa saja yang dapat diakses oleh member tersebut dan fitur ini dapat anda gunakan secara gratis.
Hmmm, dengan beragam fitur yang diusungnya maka anda tak perlu meragukan lagi kinerja dari Speedy Monitoring.

Bagaimana cara menikmati layanan Speedy Monitoring?
Beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk dapat menikmati Speedy Monitoring antara lain :
 
Registrasi

Anda harus melakukan pendaftaran ke Speedy Monitoring dan anda akan mendapatkan notifikasi melalui email sesuai alamat email yang disampaikan saat pendaftaran kemudian melakukan aktivasi.

▪ Setting Modem
Melakukan setting modem sehingga modem dapat diakses melalui jaringan internet. Tujuan dari penyetelan NAT/Port Forwarding adalah untuk mendaftarkan IP Address dari IP Camera beserta port number (yang sudah dibuat ditahap sebelumnya) di modem. Cara penyetelan NAT di modem TP Link tampak sebagaimana ditunjukkan dibawah ini:
1.    Masuk ke modem dengan menggunakan IP address modem (ketik http://192.168.1.1).
2.    Masukkan username & password modem (username dan password standar pabrikan pada umumnya username = admin, password = admin).
3.    Pada contoh berikut modem yang dipakai adalah modem TP Link.  Kemudian masuk ke menu Advanced >> NAT >> Virtual Server >> Add.
 Lakukan pengisian field sebagai berikut:
1.    Pilih Rule Index dengan angka “1” dan Protocol dengan “ALL”
2.    Isi Application dengan merek IP Camera
3.    Isi Start Port Number dengan port number IP Camera
4.    Isi End Port Number dengan port number IP Camera
5.    Isi Local IP Address dengan IP Address IP Camera

Install IP Camera
Tahap selanjutnya adalah instalasi IP Camera, berikut panduan instalasi IP Camera.
1.    Setting IP Address
Penyetelan IP address terdiri atas kegiatan :
a. Pendeteksian IP Camera. Pendeteksian dilakukan sesuai dengan prosedur yang dimiliki oleh masing-masing IP Camera. Pada umumnya pendeteksian dapat dilakukan dengan menggunakan CD installer yang disediakan oleh produsen IP Camera. Pendeteksian IP Camera dilakukan dengan mengkoneksikan IP Camera langsung ke PC atau laptop pengguna.
b. Penggantian IP Address. Setelah proses pendeteksian IP Camera, maka pengguna akan memperoleh IP address pabrikan.
Selanjutnya IP address dan tersebut diganti menjadi satu segmen dengan IP address lokal (dalam hal ini satu segmen dengan IP address modem). Pada umumnya IP address standar yang dipakai oleh pabrikan yaitu 192.168.1.xxx. Standar IP address modem yang dipakai adalah 192.168.1.1, dengan demikian kita bisa menggunakan IP address diluar yang telah dipakai oleh modem untuk digunakan di IP Camera.
2.   Setting Port Number
Setelah proses pendeteksian IP Camera, maka pengguna akan memperoleh port number pabrikan. Pada umumnya port number IP Camera yang dialokasikan oleh pabrikan adalah 80. Akan tetapi pada umumnya port number tersebut juga digunakan oleh modem. Untuk membedakan port number modem dengan IP Camera maka port tersebut harus diganti. Sebagai panduan dalam menentukan port number maka disarankan agar port number IP Camera berjumlah 4 digit. Contoh: 8080.
3.   Tes Akses IP Camera
Pengetesan akses IP Camera lokal. Pengetesan akses IP Camera lokal adalah pengetesan yang dilakukan di lokal jaringan untuk memastikan bahwa IP Camera dapat diakses dengan menggunakan IP address yang telah diset pada IP Camera sebagaimana poin 1.1 Setting IP Camera. Adapun proses pengetesan ini dilakukan setelah proses pembuatan username dan password IP Camera. Username dan password tersebut nantinya berguna setiap akan koneksi ke IP Camera melalui IP publik dan pada saat integrasi dengan portal Speedy Monitoring.
Setelah seluruh proses berhasil dilakukan, kemudian lakukan akses ke IP Camera dari PC atau laptop dengan mengakses ke alamat IP address lengkap dengan port numbernya yang sudah dibuat di tahap sebelumnya dengan format http://ip_address:port_number/, sebagai contoh akses ke http://192.168.1.5:8080/.
Proses pengetesan akses ke IP Camera lokal dapat dinyatakan berhasil apabila muncul jendela untuk memasukkan usernama dan password IP Camera yang selanjutnya diikuti tampilan web browser IP Camera di layar PC/laptop kita.
Proses setting IP Camera secara detil dapat dilihat pada dokumen produk IP Camera yang dikeluarkan oleh masing-masing pabrikan (produsen IP Camera).  Instalasi IP Camera berdasarkan hasil pengetesan yang dilakukan oleh Telkom dan direkomendasikan untuk layanan Speedy Monitoring adalah: Panasonic (BL-C1CE, BL-C210), TP Link (3130, 3130 G), DLink (DCS-932), ALinking (ALC 9852, ALC 9852W), Edimax (IC-3005Wn, IC-3015Wn, IC-3030iWn, IC-7010PTn).

Akses dari browser
Silahkan akses monitoring.telkomspeedy.com untuk menikmati layanan Speedy Monitoring melalui browser dan tambahkan IP Camera yang anda miliki ke layanan Speedy Monitoring. Berikut panduan menambahkan IP Camera pada Layanan Speedy Monitoring.
Integrasi IP Camera merupakan kegiatan untuk melakukan setting parameter IP Camera di portal Speedy Monitoring sehingga setiap pelanggan akan melakukan view layanan dapat dilakukan via portal Speedy Monitoring.  Tahap-tahap integrasi IP Camera dijelaskan sebagai berikut:
1.    Login ke portal Speedy Monitoring (http://monitoring.telkomspeedy.com) dengan username & password yang dikirimkan ke email pelanggan.
2.    Pilih “Add Location” untuk membuat lokasi IP Camera.
3.    Lakukan pengisian parameter IP Camera.
a.    Masuk ke Menu “General” dan lakukan pengisian field
Masukkan field “Name” dengan Nama Lokasi.
Pilih “Function” dengan “Modect”.
b.    Masuk ke Menu “Source” dan lakukan pengisian field.
Remote Host Name di isi dengan :
usernamecamera:password camera@domain DDNS yang dicreate
Dalam hal ini diisi dengan:
telkom:telkom135@desymarianna06.dyndns-home.com
Remote Host Port diisi dengan Nomor Port IP Camera
Pilih Remote Host Path dengan type IP Camera yang dipakai.
Pilih Remote Image Colours dengan 24 bit colour
Capture Width dan Height dengan: 320 – 240
Pilih Orientation dengan “Normal”
c.     Lakukan SAVE dan kemudian masuk ke List View.
d.    Masuk ke menu view dengan memilih menu “Tree View”
e.    Klik Camera untuk mendapatkan video live dan hasil perekaman.
f.     Hasil perekaman juga dapat dilihat melalui menu “List View”
g.    Klik Event untuk melihat List View (daftar perekaman).
h.    Klik salah satu event name untuk melihat hasil perekaman.

Do more
Saatnya anda menikmati berbagai fitur yang tersedia seperti share kamera, mengatur schedule kamera, dan lain-lain.


Harga paket Speedy Monitoring
Setelah berbicara panjang lebar mulai dari manfaat, fitur hingga cara registrasi tentunya anda penasaran bukan mengenai harga paket Speedy Monitoring. Tersedia empat paket Speedy Monitoring yaitu Basic, Bronze, Silver dan Gold. Berikut paket layanan Speedy Monitoring yang bisa anda pilih dan nikmati.



BASIC
FREE
BRONZE
Rp 30.000
(diskon 50%)**
SILVER*
Rp 60.000
(diskon 50%)**
GOLD*
Rp 120.000
(diskon 50%)**
Jumlah kamera yang dapat diakses 1 unit 1 unit 2 unit 4 unit
Storage - 100 MB 500 MB 1000 MB
Durasi Rekam - 3 hari*** 15 hari*** 30 hari***
Live view
Akses dari Mobile Phone
Akses melalui web
Alokasi IP Statis
Download recorded video
Penyimpanan online
Motion detect
Email alerts
Auto record (Schedule)

Keterangan:
** Selama 3 bulan pertama
*** Pengukuran rata-rata dengan menggunakan fungsi motion detection (modect) dan tergantung pada resolusi, frekuensi pergerakan obyek dan bandwidth saluran.Pengukuran berlaku akumulasi seluruh kamera.
SILVER*  Minimum Speedy 512kbps (apabila kedua kamera dipasang pada satu line Speedy).
GOLD* minimum Speedy 1Mbps (apabila keempat kamera dipasang pada satu line Speedy yang sama)

CONCLUSIONS
Rasa aman merupakan salah satu kebutuhan yang layak terpenuhi dan setiap orang berhak memperjuangkannya salah satunya dengan melakukan pengawasan. Monitoring terhadap kondisi rumah, tempat bisnis atau pun asset berharga anda lainnya dapat anda lakukan dengan Speedy Monitoring. Melalui jasa CCTV Online ini anda dapat melakukan monitoring rumah dan tempat bisnis kapan dan dimana saja dengan mobile phone anda. Dengan melakukan monitoring online tentu saja akan menghemat waktu anda dan meredam rasa cemas yang melanda.
Dengan beragam manfaat dan fitur yang dimilikinya, anda tak perlu ragu lagi mengandalkan Speedy Monitoring untuk menjaga dan mengawasi lokasi-lokasi yang ingin anda amankan. Harga paket yang ditawarkan pun jauh lebih murah dari pada anda harus membayar gaji seorang satpam setiap bulannya. Anda pun dapat memilih paket sesuai dengan kebutuhan. Dengan Speedy Monitoring, semua aman dan lancar. Semoga informasi di blog ini dapat menjadi pertimbangan untuk anda dalam memilih sebuah jasa pengawasan masa kini.
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 147 atau kunjungi monitoring.telkomspeedy.com

Referensi :
www.monitoring.telkomspeedy.com
Speedy Monitoring, Satpam Pribadi Di Era Modern.

Post a Comment

8 Comments
  1. Ikutan lomba lg neh mbak? semoga menang deh, gudlak yua :)

    ReplyDelete
  2. ikut kontes lg mbk? semoga menang deh ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya :)
      Terima kasih atas soanya, semoga terkabul. Amin.

      Delete
  3. salam kenal ceuy. jadi bertambah pengetahuanku tentang monitoring speedy. bagi yang berminat silahkan segera berlangganan. hadiahnya jangan lupa. hehehe

    ReplyDelete
  4. @Riris. Terima ksih mbk uda mampir ksini, btw bkn monitoring speedy ya tp Speedy Monitoring,hehe
    Kl mau berlangganan silahkan hubungi kantor Telkom terdekat ya :)

    ReplyDelete
  5. hmmm lumayan lengkap artikelnya... ni q tambahin mb kalo ada yang mau coba lihat hasil masuk ke http://monitoring.telkomspeedy.com
    user:demo
    pass:demo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, bner bgt. Makasi mas atensinya, salam blogger utkmu ya :)

      Delete
  6. Emang mantep sekarang speedy juga sediain monitoring segala ya dengan harga yang ckup murah pula

    ReplyDelete
Post a Comment
To Top